Senin, 22 Agustus 2011

Tips Mengurangi Feedback Pada Alat Musik Gitar


Alat Musik ini memang sensitif dengan yang namanya Noise, karena mengakibatkan suara pada gitar itu tidak enak didengar. Makanya disini akan membahas faktor apa yang membuat gitar itu jadi noise.
Secara garis besar noise/feeback itu adalah bunyi yang tidak diinginkan pada sound gitar yang bisa berupa dengung, feedback atau desis. Untuk mengatasi suara Noise tersebut adalah terlebih dahulu kita harus mengetahui darimana penyebab feedback tersebut berasal.

Check Sound

Salah satu hal penting untuk mendeteksi datangnya Noise adalah check sound dahulu di panggung atau di studio. Dari sini bisa diketahui dan bisa diatasi. Pertama kali pasang gitarmu pada amplifier dan asesorisnya seperti efek prosesor. Bila sudah, tutup volume pada gitarmu sampai pada posisi nol. bila masih terdengar suara noise, berarti amplifier atau efeknya yang menyebabkan noise tersebut.

Feedback dari Pick Up

Noise yang berasal dari pick up terdengar seperti bunyi dengung. Hal ini bisa terjadi karena kebocoran dari komponen pick up/spull gitar kita. Kebocoran ini bisa disebabkan posisi yang terlalu dekat dengan peralatan listrik lainnya seperti amplifier, komputer, magnet dan lain-lain. Cobalah untuk merawat pick up dengan menjauhkannya dari sumber listrik lainnya dan ganti pick up dengan kualitas yang baik bilamana diperlukan.

Feedback dari Ampli

Bila noise berasal dari ampli kamu, coba untuk meminimaliskan noise tersebut dengan mengurangi treble dan master volume di control panel amplimu. Bila kamu sudah mempunyai efek digital, fitur noise suppressor biasanya sudah ada di dalamnya.

Feedback dari Efek Prosesor

Bila hal ini terjadi cobalah untuk mensetting volume efekmu jangan sampai titik volume akhir, karena ini hanya akan mengakibatkan noise yang berlebihan, lalu pada reverbnya diminimalkan sekecil mungkin bila berada di studio, karena fungsi reverb di ruang tertutup biasanya hanya menimbulkan suara desis saja. Kecuali kamu sedang bermain di ruang panggung terbuka, fungsi reverb bisa dimaksimalkan.

Kabel

Kabel bisa menimbulkan noise bila tidak terawatt dengan baik. Untuk memastikan baik atau tidaknya kabel yang harus dilakukan adalah mencabut jack kabel pada gitar lalu sentuh ujungnya. Bila mendesis, bisa dipastikan kabel itu bermasalah. Cobalah untuk menggantinya. Panjang dan banyaknya kabel juga bisa menimbulkan noise. Untuk itu perlu dicermati dalam membeli kabel gitar dan harus bekualitas baik.

2 komentar:

  1. Thanx u Gan bermanfaat sekali.smoga agan mnjdi gitaris Abadi mmberikan solusi bagi kami .

    BalasHapus