Jumat, 30 Desember 2011

Sejarah Alat Musik Tradisional Rebab

Alat Musik Tradisonal rebab adalah jenis Alat Musik yang di gesek dan mempunyai tiga atau dua utas tali dari dawai logam (tembaga) ini badannya menggunakan kayu nangka dan berongga di bagian dalam ditutup dengan kulit lembu yang dikeringkan sebagai pengeras suara.


Alat ini juga digunakan sebagai pengiring gamelan, sebagai pelengkap untuk mengiringi sinden bernyanyi bersama-sama dengan kecapi. Dalam gamelan Jawa, fungsi rebab tidak hanya sebagai pelengkap untuk mengiringi nyanyian sindhen tetapi lebih berfungsi untuk menuntun arah lagu sindhen. sama juga yang di pake  Tradisi musik sunda .

Sebagai salah satu dari Instrumen Musik pemuka, rebab diakui sebagai pemimpin lagu dalam ansambel, terutama dalam gaya tabuhan lirih. Pada kebanyakan gendhing-gendhing, rebab memainkan lagu pembuka gendhing, menentukan gendhing, laras, dan pathet yang akan dimainkan. Wilayah nada rebab mencakup luas wilayah gendhing apa saja. Maka alur lagu rebab memberi petunjuk yang jelas jalan alur lagu gendhing. Pada kebanyakan gendhing, rebab juga memberi tuntunan musikal kepada ansambel untuk beralih dari seksi yang satu ke yang lain.

1 komentar:

  1. YUK SOBAT BURUAN BERGABUNG BERSAMA AGEN BANDAR KARTU ONLINE
    TERBESAR DAN TERPERCAYA. GAK NYESAL DEH BERMAIN DISINI
    BANYAK SEKALI KEUNTUNGAN SELAMA KAMU BERMAIN DI ZOYA99.COM
    * PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
    * DEPO&WD HANYA 20RIBU
    * PERMAINAN YANG SANGAT FAIRPLAY TANPA BOT
    * DAPAT BERMAIN MELALUI HP KESAYANGAN KAMU
    * BONUS ROLINGAN TERBANYAK
    * BONUS REFERALL TERBESAR
    * PROSES DEPO&WD YANG SUPER CEPAT
    BANK YANG AKTIF
    MANDIRI-BNI-BRI-DANAMON-BCA
    INFO
    BBM: D8B82A86
    LINE: zoya_qq
    WA: +85515370075

    CERITA SEX: http://69zoya.blogspot.co.id/2017/11/hujan-angin-berakhir-sex.html

    BalasHapus