Jumat, 27 Januari 2012

Gitar Fender Dengan Harga 4,6 Miliar Rupiah

Gitar Fender pertama yang dibakar di pentas oleh legenda rock Jimi Hendrix pada 1967 terjual dengan harga 280.000 poundsterling atau US$498.000 / Rp. 4,6 Miliar dalam lelang memorabilia rock di London. Penulis lagu, penyanyi dan gitaris AS yang meninggal dunia pada 1970 dalam usia 27 tahun, membakar gitar Fender  itu pada akhir pertunjukannya di Astoria, Finsbury Park, utara London, pada Maret 1967.


Petugas bagian properti segera memadamkan api, sedangkan Hendrix mendapat perawatan akibat ulahnya, dan petugas humasnya Tony Garland menyimpan Alat Musik itu di garasi rumah orang tuanya di Inggris selatan.

Hendrix kemudian menjadi terkenal akibat aksi bakar gitarnya di panggung, namun alat Musiknya itu tetap tak bisa ditemukan sampai tahun lalu ketika gitar itu ditemukan oleh kemenakan Garland. Setelah melalui sesi penawaran yang sengit pada lelang ‘Fame Bureau`s It`s More Than Rock And Roll’ di Idea Generation Gallery, London Timur, gitar buatan 1965 itu akhirnya terjual dengan harga di atas harga perkiraannya 250.000 poundsterling. Gitar itu masih tampak gosong setelah dibakar di pentas dalam show Hendrix. 

Ted Owen, direktur akuisisi pada perusahaan memorabilia rock Fame Bureau, yang menggelar acara lelang, melukiskan aksi Hendrix sebagai “aksi yang menentukan dan bersejarah dalam penampilan langsung.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar