Senin, 27 Februari 2012

Belajar Menjadi Arranger Musik

Saat ini mungkin sudah banyak software –software untuk mendukung pembuatan sebuah lagu seperti nuendo, sonar, cakewalk atau cubase. Tapi apa mungkin lagu itu bisa terlihat bagus pada saat didengarkan. Oleh sebab itu disini akan membahas tentang yang ada hubungannya dengan Musik.
 
Disini saya akan mencoba membahas apa yang di namakan Arranger Musik. Kita harus tahu terlebih dahulu Musik itu bisa didengar enak, apa saja sih komposisinya yang terkandung didalamnya. Yang kita tahu yaitu ada lirik, nada, kemudian Alat Musik. Nah supaya bisa menjadi satu kesatuan  lagu yang bagus terakhir kita butuh yang namanya Arranger Musik. Pada umumnya arranger musik itu seseorang yang mengerti  dengan komposisi – komposisi sebuah nada didalam lagu. Kalau kita bisa mudah menciptakan sebuah lirik lagu, tapi kita butuh arranger musik, supaya lirik yang sudah kita buat bisa dinikmati oleh para pendengar.

Untuk mendapatkan nuansa lagu itu mempunyai arti, biasanya si arranger akan menanyakan pada sang pencipta lagu “tema apa yang mau dibuat?”. Aransemen Musik itu berfungsi sama seperti baju. Sebuah baju yang sesuai dapat membuat pemakainya menjadi kinclong menarik.  Makanya seorang Arranger Musik membutuhkan aransemen dasar dari lagu tersebut supaya hasilnya bisa kinclong seperti baju.

Sebenarnya Untuk belajar menjadi Seorang Arranger Musik itu susah susah gampang, tergantung dari orangnya, apa dia mempunyai fill yang bagus atau tidak. Karena walaupun kita belajar sampai bertahun tahun kalo kita tidak memiliki fill yang bagus akan sulit untuk menjadi arranger music yang bagus. Slain itu seorang arranger itu hanya butuh sering- sering mendengarkan berbagai jenis atau Aliran Musik pada umumnya, dengan kita sering banyak perbendaharaan musik, kita bisa menjadi seorang arranger musik. 

Apa saja yang harus dipelajari Seorang Arranger Musik itu?
Materi apa saja yang harus dipelajari harus meliputi teori dan pelatihan : harmoni, melodi, berbagai bentuk aransemen, berbagai teknik aransemen, mixing, cara conducting, dan software aransemen (Finale / Sibelius, etc). Berbeda dengan belajar gitar atau belajar keyboard yang memakan waktu bertahun-tahun, pelajaran aransemen biasanya selesai dalam waktu maksimum 6 bulan saja (tergantung kecepatan belajar anda), tetapi praktek mengasah keterampilan aransemen ini yang akan memakan waktu seumur hidup.

Untuk Saat ini Cukup sekian membedah mengenai Belajar Arranger Musik. Selengkapnya bisa diliat di www.bukabukumusik.blogspot.com. Silahkan berkunjung ya pren2 semua..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar