Kamis, 18 Agustus 2011

Mempelajari Alat Musik Harmonika

Harmonika bukan hanya Alat Musik yang praktis dan kecil (dapat dimasukkan ke dalam saku), tapi juga menghasilkan suara yang sangat indah.
Harmonikadapat digunakan untuk musik sederhana maupun Instrumen Musik yang kompleks, untuk memainkannya, kita meniup dan menghirup pada lubang-lubang harmonika.

Jenis-jenis harmonika:
  1.         Harmonika diatonik: jenis ini biasanya memiliki 10 lubang dengan susunan nada-nadanya sendiri. Walau bisa untuk memainkan segala jenis musik, namun jenis ini paling bermanfaat untuk jenis musik blues dan country. Diatonik dirancang untuk dimainkan dalam satu tangga nada (kunci) saja. Namun apabila kita ingin memainkan seluruh 12 nada pada sebuah diatonik, kita dapat menggunakan teknik overbending. Diatonik tersedia dalam 12 kunci. Jadi apabila kita memainkan lagu dalam kunci D misalnya, maka kita membutuhkan sebuah diatonik dalam kunci D juga, kecuali jika kita menguasai overbending pada harmonika C. Harmonika ini memiliki suara yang lebih menyerupai chord daripada melodi dan juga memiliki efek bending yang sangat cocok untuk musik blues dan country.
  2.        Harmonika kromatik: jenis ini biasanya memiliki mulai dari 12, 14 sampai 16 lubang dengan susunan nada-nadanya sendiri dan mendukung sebanyak 3 oktaf untuk 12 lubang dan 4 oktaf untuk 16 lubang. Kromatik memiliki tombol slider untuk menaikkan nada satu semitone. Dengan kata lain dengan kromatik, kita mendapatkan seluruh nada (12 nada) yang kita perlukan untuk memainkan lagu. Kita bisa memainkan sebuah lagu dalam tangga nada apapun. Sehingga tidak perlu membeli harmonika jenis kunci lainnya. Kromatik memiliki tipe suara yang lebih melodis dibandingkan dengan tipe diatonik. Jenis ini bisa memainkan segala jenis musik misalnya klasik, pop, rock, jazz, dll.

Disini Harmonika dengan jenis kromatik, maka saya hanya bisa memaparkan kunci untuk harmonika kromatik seperti berikut.

Gbr 1: Harmonika diatonic
Gbr 2: Harmonika kromatik
Gbr 3: Diagram nada pada harmonika kromatik





Saya bukan seorang "master" namun apabila ada pertanyaan, sepanjang saya memahaminya akan saya bantu jawab. Selamat belajar dan sukses untuk Anda..

3 komentar:

  1. mas, saya pengen bisa main harmonika,sebenere tertarik sama harmonika karna mudah dibawa jadi pas banget buat temen jalan jalan saya, pertanyaanna jenis harmonika apa yang sebaiknya saya beli? =)

    BalasHapus
  2. kalo harmonika buat rock n roll cocok nya harmonika mana ??

    BalasHapus
  3. kalau harmonika 24 lubang itu gimana ??

    BalasHapus