Kamis, 10 November 2011

Gamelan

Hampir setiap tempat di Yogya, Solo, Semarang dan kota-kota lain di Jawa Tengah, di Karaton, di pasar, di desa-desa, di lobi hotel, Anda harus mendengar musik perkusi magis merdu - gamelan Jawa orkestra.
Dalam 'musik Jawa' Jaap Kunst bukunya mengatakan, "Gamelan adalah sebanding dengan hanya dua hal, sinar bulan dan air yang mengalir ... misterius seperti cahaya bulan dan selalu berubah seperti air mengalir. ...".
Musik gamelan merupakan bagian integral dari semua kegiatan kebudayaan di Jawa seperti wayang kulit (wayang kulit) kinerja, pengadilan tari, uyon uyon-(simfoni orkestra kinerja), dll Ada dua jenis laras (tuning) dalam gamelan, yaitu slendro (sebanding dengan kunci minor dalam Musik Barat) dan Pelog (kunci utama). Sebuah set lengkap gamelan terdiri dari dua set Instrumen Musik yang berbeda dari Slendro dan Pelog, seperti:
Kendang (drum ganda berakhir dipukul oleh tangan)
Ini adalah Instrumen Musik terkemuka. Para pengendang (Drumer) adalah konduktor dari orkestra gamelan. Ada lima (5) berbagai ukuran kendang dari 20 cm sampai 45 cm. ini adalah nama - nama alat yang ada di gamelan :
Saron, Bonang barung, Slentem, Jenis kelamin, Gambang, Gong, Kempul, Kenong
 
Gong kecil berbaring horizontal pada tulang disilangkan, di dalam bingkai kayu. Sebuah set lengkap kenong di setiap slendro dan pelog terdiri dari 10 (sepuluh) kenongs.
Jeruji instrumen gamelan dapat dibuat dari besi, tembaga atau perunggu. Para bar perunggu adalah pilihan terbaik. Semua pemain gamelan yang duduk bersila di atas tikar selama pertunjukan. Dalam konser Musik Gamelan atau kinerja karawitan, pemain Kendang atau pengendang melakukan Tempo, sedangkan melodi dipimpin oleh pemain bonang. Orkestra gamelan mencakup beberapa penyanyi (Pesinden), perempuan serta laki-laki. Ada beberapa Pesindens sangat terkenal, nama mereka hampir dikenal oleh semua orang di wilayah ini. Beberapa percaya bahwa dalam waktu kuno, set pertama gamelan, dengan nama Lokananta diciptakan oleh dewa-dewa dan diputar di Gunung Lawu, ke arah timur Solo.
Singkatnya sejarah gamelan adalah sebagai berikut:
Gamelan pertama adalah Munggang tiga-kencang, maka lima kencang slendro gamelan dan yang terakhir: tujuh-kencang gamelan pelog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar