Kamis, 21 Juli 2011

Jenis Kayu Yang di gunakan untuk membuat Gitar/ Bass

Teman -teman semuanya , saya yakin kita selama ini hanya tahu bahwa kayu -kayu tertentu saja yg dapat dijadikan sebagai bahan sebuah gitar /bass. Sebetulnya ada beberapa kayu asli Indonesia yg sering di jadikan bahan baik body maupun neck. Untuk beberapa pabrikan & Industri pembuatan gitar /bass.Yang kita tahu hanya : Alder , Ash , Basswood , Maple , Mahogany , Agathis yg sering di jadikan bahan dasar gitar /bass.
 Padahal ada beberapa kayu bagus yg sudah di uji kehandalannya untuk bahan gitar & bass. Kayu -kayu asli Indonesia tersebut sudah memenuhi standart bahan yg cukup bagus . Seperti Tekturnya ,berat jenis, serat kayu ,kekuatan kayu & daya resonansi yg baik !!

Kayu-kayu tersebut adalah CEMPAKA ,MERAWAN ,NYATOH, LASI , EBONY , MAGOHANY , ALPUKAT , BERINGIN.
1. Kayu LASI : termasuk kedalam jenis kayu istimewa ! nama lainnya adalah KILAKI. spesies jenis Adina Fagifolia Val. suku Rubiaceae. kayu ini mempunyai kekeringan yg bagus & berat jenis yg tergolong tidak terlalu berat.Warna kayu ini kuning tua , dengan corak kembang sedang , daya kekerasan sedang ,dengan serat yg berpadu. Tumbuh di area sekitar Sulawesi , Nusa Tenggara ! kayu ini jika sudah di finishing sangat mewah & tergolong kayu mahal untuk di pakai alat musik .. tetapi jarang ada yg tahu dan mulai ada pabrikan luar negeri yg memakai nya untuk gitar /bass.
2. Kayu EBONY : Kayu yg sudah tak asing lagi bagi kalangan industri gitar di Dunia untuk di jadikan freetboard atau kayu lapis atas & tengah Body ! nama lainnya adalah Macasar Ebony , kayu arang ,Coromandel & kayu hitam (nama latin nya Dyospiros spp. family suku Ebenaceae). Tumbuh di Sekitar Sulawesi tengah & tenggara ( Maluku ) .Warna hitam kelabu di selang seling warna lebih muda , dan terkadang hitam gelap . sifat pengerjaan nya keras & sukar , kembang serat besar kekerasan sedang . tektur kasar .Kayu ini cocok untuk alat musik , perkakas , seni ukir .

3. Kayu CEMPAKA : nama lainnya adalah Baros warna kuning sampai coklat merah ,. kekerasan sedang. terdapat si Sumatra, jawa , kalimantan ,Sulawesi . kayu ini sekarang sedang banyak di uji coba untuk di jadikan bahan alat musik , karean tergolong kayu yg m,empunyai resonansi suara yg baik. dengan serat yg rapat .

4. Kayu SONOKELING : nama lainnya adalah Sonobrits , Palisander, Indian Wood , sono sungu ! nama latinya Dalbergialatifolia Roxb. dengan warna merah tua / ungu dengan garis-garis hitam gelap. kayu ini jenis yg sangat keras , bahkan bisa lebih keras dari pada Ebony ! dan jika di gosok bisa sangat halus sekali. terdapat di Pulau jawa ! biasanya digunakan juga sebagai Frettboard guitar/bass dan sudah hampir semua industri ditar memakainnya karena mirip sekali dengan Ebony hanya ebony lebih hitam.

5. Kayu MAHONI : atau dunia luar menyebut Magohany wood ! kayu asli Indonesai yg paling banyak di cari untuk di jadikan bahan Body gitar/bass . Pabrikan Gibson , PRS dll menggunakan kayu jenis ini untuk bahan baku gitar nya . Kayu ini berwarna coklat muda hingga coklat tua . Kayu yg sudah berumur ratusan taun sangat bagus sekali di jadikan bahan Body & neck gitar/bass. Kayu ini di temukan oleh orang amerika di Indonesia dulunya , maka lebih terkenal dengan sebutan Amerika Mahogany, kayu ini sekarang menjadi langka di Indonesia  karena banyak di eksport untuk di jadikan bahan gitar/bass dan alat musik yg lain .Seratnya sangat padat , jika di gergaji atau diolah tidak mudah sompal & rapih . tidak berbulu. kayu ini masuk hitungan kayu terbaik untuk gitar di Dunia . Tumbuh di Jawa barat & tengah seputar Kidiri.

6. Kayu SUNGKAI : ini kayu yg pernah merajai bahan pembuatan gitar di era tahun 80/90 an . Kayu yg mirip sekali dengan serat dan warna kayu Ash dari amerika. resonansi suara yg dihasilkan cukup baik . kayu yg sudah berumur tua sangat bagus. berwarna kuning muda sampai kuning tua. Nama lain dari kayu ini adalah Kayu Jati Sabrang ( bukan jenis Jati !),Lurus , Koeroes !. nama latinnya Penomena Canascens jack ! tumbuh di Sumatra , Jawa,Kalimantan barat,tengah & selatan .kayu ini yg saya pakai untuk pembuatan bass model musiman agar terlihat mirip dengan kayu Ash.

4 komentar:

  1. kayu " yang langka "kalau dikota .,,,heaaaa

    BalasHapus
  2. iya juga c,,emng agak langka klo kita nyari jenis kayu yang kwalitas bagus..

    BalasHapus
  3. kalo kayu mahoni yang berumur 5 tahun gimana ya

    BalasHapus
  4. Bagus infonya
    Sukses.

    http://wibowothomas.blogspot.com/

    BalasHapus