Senin, 25 Juli 2011

Tips Merawat Pick up dan Gitar

Tips Merawat Pick up dan Gitar

Alat musik petik satu ini tentunya diwajibkan mendapat perawatan dari si yang punya paling tidak seminggu sekali, karena menurut penelitian bahwa saat loe bermain gitar, tanpa disadari manusia mengeluarkan keringat cukup banyak dari tangannya.
Ini karena kerja otak dan gerak tangan yang cukup menguras energi. Hal ini sangat jarang disadari oleh para gitaris. Coba deh lihat Gitar loe, apakah ada karat di setiap permukaan yang dibatasi tiap fret-nya (fretboard). Itu disebabkan setelah bermain, senar gitar loe terkena keringat juga kotoran, debu, dan lain lain. Yang menyebabkan suara gitar loe menjadi cempreng dan fals. Nah dibawah ini ada beberapa tips cara buat merawat gitar loe

Bersihkan Senar
yaitu membersihkan seluruh bagian senarnya dengan cara dilap dengan bahan kaus yang lembut. Bila perlu dibasahi dengan cairan string cleaner (pembersih senar) yang tersedia di toko-toko musik.

Bersihkan Gitar
Gitar loe juga perlu mandi. Bukan berarti dibawa ke kamar mandi lalu disiram, cukup di’lap saja dengan bahan kaos, baik body, neck, apalagi bagian pickup dibawah Senar yang pastinya susah dibersihkan debunya (untuk ini bisa gunakan kuas cat), pokoknya sampai kinclong lagi. Bila perlu, gunakan cairan guitar polish.

Rumah Gitar
Pastikan gitar loe mempunyai “rumah” untuk melindunginya dari udara kotor diluar, dan dari benturan, Baik softcase maupun hardcase. Softcase lebih ringan dan mudah untuk dibawa kemana mana, sedangkan hardcase melindungi total dari benturan. Tergantung pilihan loe, selalu simpan gitar loe dalam case apabila tidak dimainkan. Maka gitar loe bakal lebih awet dan ngga mudah rusak.

 Bersih Dari Karat
Pastikan klo abis menggunakan gitar kita kan g sadar klo tangan kita berkeringat, makanya klo abis maen gitar sebisa mungkin di bersihkan di bagian titik – titik besi yang ada di Pick up gitar,karna klo sampe titik – titik besi itu berkarat maka akan mengakibatkan suara yang dihasilkan tidak sejernih sebelum berkarat. Dan hindari pick up itu dari air..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar