Selasa, 27 September 2011

Mempelajari kelengkungan atau Radius Fingerboard pada Neck Gitar


Neck gitar atau stang gitar (guitar necks) sangat beragam dalam bentuk maupun ukurannya. Bentuk dan ketebalan dari bagian belakang stang gitar sangat mempengaruhi dalam kenyamanan saat pemain memainkan Instrumen Musik ini. Dan dari pabrik mereka membuat beraneka ragam model yang disesuaikan oleh selera masing-masing pemain gitar.
Adapun karakteristik bagian-bagian neck gitar yang biasa menjadi patokan sebagai tolak ukunya adalah lebar dan radius fingerboard . Model yang luas dan cukup datar adalah model yang sangat degemari dan populer selama 20 tahun terakhir ini, model demikian memungkinkan kita membending gitar tanpa ada note yang mati (dibanding yang melengkung senar gitar bisa berhenti bergetar saat dibending karena menyentuh fret belakangya).

Radius dari fretboard ukurannya diambil dari potongan pada sebuah diameter suatu lingkaran atau circle. Coba anda perhatikan gambar diatas, kelengkungan atau radius diambil dari potongan sebelah atas pada lingkaran yang terdapat pada gambar. Jadi semakin besar diameter lingkarannya maka radius Fretboard cenderung berbentuk mendatar atau flat, dan semakin kecil lingkarannya maka bentuk fretboard akan seperti kerucut. Pada gitar merk Fender yang lama memiliki fitur radius fingerboard kecil (7-12″) dan neck yang sempit, mengapa fender menciptakan bentuk yang kecil seperti ini, karena bentuk seperti ini sangat nyaman bagi sebagian orang khususnya pada mereka yang memiliki tangan yang kecil.

Nah untuk gambar disamping biasanya jika anda ingin membeli gitar baru dan ada katalog atau spesifikasi radius stang gitarnya yang dicantumkan pada lebel atau gambar gitarnya, maka anda bisa bayangkan dengan gambar tersebut, ada radius A dan radius B yang terdapat dikedua ujung stang sebuah gitar. Jika ada yang menawarkan mau jual gitar dengan radius neck sekian dan sekian, maka anda bisa membayangkan kelengkungan fretboardnya dipangkal sekian dan diujung sekian.
Radiusdari sebuah Fretboard ada berbagai macam, jadi kalau saya ditanya, radius mana yang terbaik yang dijadikan patokan untuk membeli sebuah gitar baru. Maka sayapun akan sangat bingung menjawabnya, karena sebagaimana yang telah saya pelajari, tidak ada satupun pernyataan baik dari pabrik maupun gitaris kelas atas yang mengklaim atau mempatenkan raius berapa yang menjadi standart patokan.
Semua itu kembali pada kenyamanan saat kita bermain, akan tetapi saya sarankan jika anda senang dengan teknik membending senar, maka saya sarankan pilihlah fretboard dengan radius yang agak lebar atau cenderung kearah flat, supaya senar tidak mati atau berhenti bergetar ketika dibending, sebab biasanya pada fretboard yang memiliki struktur melengkung saat dibending senar bisa beradu dengan fret dibelakangnya dan mengakibatkan senar berhenti bergetar karena bersinggungan denggan besi fret.


Gambar diatas adalah jenis-jenis radius stang gitar yang banyak terdapat dipasaran, kebanyakan yang laris dipasaran adalah yang “C” SHAPE, gambar penampang diatas merupakan gambaran dari keseluruhan bentuk stang gitar didak hanya berpatokan pada radius difretboardnya saja. Diskusikan di-forum oksida untuk membahasnya. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar