Jumat, 09 September 2011

Mengenali Tipe Gitar Elektrik Bag 3.

Bridge & Tremolo

Dari Instrument Musik ini ada bagian yang sering luput dari perhatian. Sebenarnya bagian inilah yang paling banyak mengalami inovasi. Gunanya adalah untuk menghasilkan nada dengan cara merubah tegangan senar. Tipe permainan gitar Anda nanti juga akan dibatasi oleh tipe bridge dan Tremolo yang Anda pilih.  Walau variannya sebenarnya banyak, namun berikut ini akan ditulis 4 yang paling banyak digunakan saja, yaitu;

> Tune-o-Matic Bridge

Ini banyak digunakan pada gitar keluaran Gibson. Tipe ini bisa diseting untuk tinggi rendah senar.





> Locking Tremolo

Didesain oleh Floyd Rose, banyak ditemukan pada gitar-gitar keluaran Ibanez. Anda bisa memainkan Tremolo ke bawah dan ke atas untuk menghasilkan nada yang berbeda (up-down bend).

> Bigsby

Didesain oleh Paul A. Bigsby, sebenarnya ini adalah versi awal untuk Locking Tremolo sebelum disempurnakan oleh Floyd Rose. Tipe tremolo ini banyak ditemukan di gitar-gitar dengan Hollow Body.


> Fender Synchronized Tremolo
 Tremolo ini memiliki mekanisme yang lebih baik dari Bigsby namun memainkannya tidak se-fleksibel Locking Tremolo, hanya digunakan untuk up-bend saja. Biasa digunakan pada Fender Stratocaster.
Nah, semoga tulisan singkat diatas dapat membantu Anda dalam memilih tipe Gitar listrik yang Anda inginkan sehingga sesuai dengan musik dan karakter permainan Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar