Selasa, 25 Oktober 2011

Alat Musik Gendang

Gedang termasuk dalam klasifikasi Alat Musik perkusi. Gedang terbuat dari kayu  dengan selaput ( membran) yang menghasilkan bunyi bila dipukul. Ada berbagai ukuran gendang, yaitu gendang kecil, sedang dan besar. Gendang kecil biasa disebut rebana. Gendang yang berukuran sedang dan besar ada juga yang menyebutnya redap. Selain itu, ada juga gendang yang kedua sisinya ditutup dengan kulit yang diikat dengan tali yang terbuat dari kulit atau rotan sedemikian rupa sehingga dapat dikencangkan dan dilonggarkan.

Cara memainkan Alat Musik Tradisional ini dengan cara dipukul, baik dengan tangan saja atau dengan alat pemukul gendang. Gendang mempunyai banyak fungsi, di antaranya sebagai pengiring Tarian Pencak Silat, pembawa tempo atau penegasan dinamik sebuah orkes, atau sering juga hanya sebagai pelengkap untuk lebih meramaikan suasana.

Jenis Gendang meliputi:
   1. Gendang Bertali dengan salah satu sisinya ditutup dengan kulit kambing, sedang sisi lainya terbuka dengan tangan kanan memukul permukaan kulit dan tangan kiri memetik karet.

   2. Gendang Dabos, yang bentuknya seperti rebana dan kedua ujungnya mempunyai lingkaran dengan garis tengah yang berbeda. Lingkaran besar ditutup dengan kulit. gendang dabos dimainkan dengan memukul permukaannya dengan tangan atau jari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar