Selasa, 22 November 2011

Pengaruh Antara Lagu Anak Klasik dan Modern


Anak-anak juga membutuhkan Musik seperti orang dewasa. Jika dahulu, mereka selalu mendendangkan lagu klasik semacam lagu daerah. Kemudian pada era tahun 90-an, muncul lagu anak populer macam “Aku Cinta Rupiah”,”Nyamuk Nakal” atau “Cit Cit Cuit” yang sangat digemari anak-anak kala itu. Beberapa lagu lama namun berbau modern itu yang secara nyata sudah berhasil menggeser posisi lagu klasik.

Perkembangan lagu anak klasik seakan mandeg sampai disini. Banyak anak yang lebih suka mendengarkan Musik Pop, rock atau yang seperti sekarang ini yaitu musik melayu. Sementara lagu klasik yang sederhana macam “Pelangi-pelangi” hanyalah menjadi bagian dari ibu rumah tangga yang sedang mengajari anak balitanya.

Apa kiranya yang menyebabkan pergeseran minat tersebut? Sudah pasti kemajuan teknologi. Sekarang ini banyak sekali alat musik modern yang beredar di masyarakat seperti gitar, piano, drum atau biola. Khusus untuk Alat Musik modern itu, sudah tentu lebih cocok jika digunakan untuk mengiringi lagu modern. Selain itu, ketika anak-anak belajar menggunakan alat modern itu, guru musik mereka juga pasti menggunakan lagu anak terbaru sebagai media. Dengan kenyataan yang seperti ini, sudah pasti anak lebih menyukai lagu modern ini.

Lagu anak klasik sebenarnya mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan lagu modern. Liriknya yang sederhana bisa dijadikan sebagai alat untuk merangsang pertumbuhan anak. Selain itu, lagu lama dengan aliran klasik juga tidak perlu alat musik pengiring yang mahal macam gitar, cukup diiringi dengan tepuk tangan. Pesan yang disampaikan juga menyangkut kebaikan, kasih orang tua atau tentang lingkungan. Semua bahan pelajaran yang bisa disampaikan ke anak-anak tanpa susah payah.

Namun tentu saja anak tidak bisa dipaksakan. Lagu klasik tetap lagu klasik, mempunyai penggemar tersendiri. Kehadiran Aliran Musik modern juga membuat banyak aransemen musik klasik yang dikemas dengan sangat menarik. Hal ini juga bermanfaat, karena anak-anak masih tetap mendapatkan lagu dengan nilai moral yang sama. Untuk itu, lagu klasik atau pun lagu modern yang disukai oleh anak Anda, itu bukanlah masalah asalkan nilai moral yang ia dapat dari lagu itu mengajarkan kebaikan.

2 komentar:

  1. Wah...blognya keren....
    Sangat bermanfaat!
    Saya juga punya sebuah blog yang banyak membahas tentang lagu2anak...
    Di dalamnya juga ada kumpulan lagu2anak ciptaan saya sendiri..
    Bisa didownload dan didengerin...Bila penasaran dengan karya2 lagu anak karya saya,
    bisa kunjungi: http://lagu2anak.blogspot.com

    salam kenal ya...

    Kak Zepe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasih,,
      ok deh ntr saya liat di blok kamu...
      salam kenal kembali

      Hapus