Rabu, 25 Mei 2011

Asal Usul / Sejarah Adanya Alat Musik Gitar

Neh  klo ad yang belum tau Asal-usul / Sejarah Gitar itu dari mana,,
Sebelum perkembangan gitar listrik dan penggunaan bahan sintetis, Gitar didefinisikan sebagai suatu instrumen yang memiliki (leher, panjang omel, soundboard kayu datar, tulang rusuk, dan punggung datar, paling sering dengan sisi incurved). 
Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada sejumlah instrumen terkait yang dikembangkan dan digunakan di Eropa dimulai pada abad ke-12 dan, kemudian, di Amerika. 

 Instrumen adalah keturunan dari orang-orang yang ada di Asia Tengah dan India kuno . Untuk alasan yang jauh gitar terkait dengan instrumen modern dari daerah ini, termasuk tanbur, Padi, dan sitar. Representasi tertua ikonografis dikenal instrumen menampilkan fitur-fitur penting dari gitar adalah batu berusia 3.300 tahun ukiran penyair orang Het. 

Gitar kata modern, dan anteseden nya, telah diterapkan pada berbagai cordophones sejak zaman kuno dan oleh karena itu adalah penyebab dari kebingungan. Gitar kata Inggris, Gitarre Jerman, dan Perancis guitare diadopsi dari guitarra Spanyol, yang berasal dari bahasa Arab Andalusia qitara sendiri berasal dari cithara Latin, yang pada gilirannya berasal dari kithara Yunani Kuno,  

 dan diperkirakan pada akhirnya melacak kembali ke bahasa Persia Lama. Tar berarti string dalam bahasa Persia.Meskipun kata gitar diturunkan dari kata Latin cithara, gitar modern itu sendiri umumnya tidak diyakini telah diturunkan dari instrumen Romawi. Banyak pengaruh dikutip sebagai pendahulu kepada gitar modern. Salah satu pengaruh sering dikutip adalah kedatangan empat-string oud, yang diperkenalkan oleh bangsa Moor menyerang pada abad ke-8. 

Pengaruh lain yang disarankan adalah Lut Skandinavia enam-string (kecapi), yang mendapatkan popularitas di daerah serbuan bangsa Viking di abad pertengahan Eropa . Sering digambarkan dalam ukiran c. 800 AD pahlawan Norse Gunther (juga dikenal sebagai Gunnar), memainkan kecapi dengan jari-jari kakinya saat ia terbaring sekarat di sebuah lubang-ular, dalam legenda Siegfried. Kemungkinan bahwa kombinasi dari pengaruh mengarah pada penciptaan gitar; dipetik instrumen dari seluruh Mediterania dan Eropa terkenal di Iberia sejak Kuno.
Dua Instrumen abad pertengahan yang disebut "gitar" yang digunakan oleh 1200 para moresca guitarra (pemain gitar Moor) dan guitarra latina (pemain gitar Latin). Para moresca guitarra memiliki kembali bulat, fingerboard lebar, dan beberapa soundholes. The guitarra latina memiliki soundhole tunggal dan leher yang sempit 

 Pada abad ke-14 kualifikasi "moresca" dan "latina" telah dijatuhkan. Dan kedua cordophones biasanya hanya disebut sebagai gitar. Vihuela Spanyol atau (dalam bahasa Italia) viola da mano, sebuah instrumen gitar-seperti dari abad 15 dan 16, secara luas dianggap telah menjadi pengaruh mani dalam perkembangan gitar. Hal ini memiliki enam program (biasanya), tuning kecapi-seperti di perempat dan tubuh seperti gitar, meskipun representasi awal mengungkapkan instrumen dengan pinggang tajam dipotong. Itu juga lebih besar dari empat gitar kontemporer saja. Pada abad ke-15 akhir beberapa vihuelas yang dimainkan dengan busur, mengarah ke pengembangan biola. Pada abad keenam belas konstruksi vihuela sudah lebih banyak kesamaan dengan gitar modern, dengan rusuk melengkung one-piece, dibandingkan dengan viols, dan lebih seperti versi yang lebih besar dari empat-kursus gitar kontemporer. vihuela hanya menikmati popularitas singkat di Spanyol dan Italia selama era yang didominasi tempat lain di Eropa oleh kecapi, musik yang dipublikasikan terakhir yang selamat untuk instrumen muncul di 1576. Sementara itu lima kursus gitar baroque, yang didokumentasikan di Spanyol dari pertengahan abad ke-16, menikmati popularitas, terutama di Spanyol, Italia dan Perancis dari akhir abad ke-16 hingga pertengahan abad ke 18  Membingungkan., di Portugal, kata vihuela mengacu pada gitar, sedangkan guitarra berarti "gitar Portugis", berbagai cittern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar