Selasa, 31 Mei 2011

Konstruksi dan komponen Sebuah Gitar

Konstruksi dan Komponen Gitar

 Umum
Gitar bisa dibangun untuk memenuhi tuntutan kedua pemain kiri dan kanan tangan. Secara tradisional tanganyang dominan diberikan tugas pemetikan atau strumming senar. Bagi kebanyakan orang ini memerlukanmenggunakan tangan kanan. Hal ini karena ekspresi musik (dinamika, ekspresi nada, warna, dll) sangat ditentukan oleh tangan memetik, sementara tangan mengeluh diberikan tugas mekanis lebih rendah darimenekan dan mencengkeram string. Hal ini mirip dengan konvensi dari keluarga biola instrumen mana tangankanan kontrol haluan. Waktu-tangan pemain umumnya memilih instrumen (cermin) kidal, meskipun beberapabermain dengan cara standar tangan kanan, yang lain memainkan gitar tangan kanan standar terbalik, danyang lain (misalnya Jimi Hendrix) memainkan tangan kanan gitar tegang sebaliknya. Konfigurasi terakhir iniberbeda dari gitar kidal benar bahwa pelana biasanya miring sedemikian rupa sehingga string bass yangsedikit lebih panjang daripada senar treble untuk meningkatkan intonasi. Membalikkan string sehinggamembalikkan orientasi relatif dari sadel (intonasi negatif yang mempengaruhi), meskipun dalam kasus Hendrix'ini diyakini telah menjadi elemen penting dalam suara yang unik.
 
Headstock
Headstock ini terletak di ujung leher gitar terjauh dari tubuh. Hal ini dilengkapi dengan kepala mesin yang mengatur ketegangan senar, yang pada gilirannya mempengaruhi lapangan. Layout tuner tradisional "3 +3" dimana setiap sisi headstock memiliki tiga tuner (seperti pada Gibson Les Paul). Pada tata letak ini, headstocksbiasanya simetris. Banyak gitar fitur layout lain juga, termasuk enam-line di-(tampil di Fender Stratocaster)tuner atau bahkan "4 +2" (Ernie Ball Music Man). Namun, beberapa gitar (seperti Steinbergers) tidakmemiliki headstocks sama sekali, dalam hal ini mesin tuning terletak di tempat lain, baik pada tubuh ataujembatan.

Fretboard
Juga disebut fingerboard, Fretboard adalah sepotong kayu tertanam dengan logam frets yang terdiri atas leher. Hal ini datar pada gitar klasik dan agak melengkung melintang pada gitar akustik dan listrik. Kelengkungan fretboard diukur dengan radius fretboard, yang adalah radius lingkaran hipotetis yang permukaan fretboard itu merupakan segmen. Semakin kecil radius fretboard, semakin terasa melengkung fretboard tersebut. Paling modern gitar menampilkan 12 "radius leher, sedangkan gitar lebih tua dari tahun 1960-an dan 1970-an biasanya menampilkan 6-8" radius leher. Mencubit string terhadap fretboard efektif lebih pendek panjang bergetar string, menghasilkan pitch yang lebih tinggi. Fretboards yang paling sering dibuat dari rosewood, ebony, maple, dan bahan kadang-kadang dibuat atau komposit seperti HPL atau resin. Lihat di bawah pada bagian "leher" untuk kepentingan panjang fretboard dalam kaitannya dengan dimensi lain dari gitar.
 
Frets
Frets adalah logam strip (biasanya paduan nikel atau stainless steel) tertanam di sepanjang fretboard dan terletak pada titik yang tepat yang membagi panjang skala sesuai dengan rumus matematika tertentu. Menekan string terhadap fret menentukan panjang string 'bergetar dan karena pitch yang dihasilkan nya. Pitch dari setiap fret berturut-turut didefinisikan pada interval setengah langkah pada skala berwarna. Standar gitar klasik memiliki 19 frets dan gitar listrik antara 21 sampai 24 frets, walaupun gitar telah dibuat dengan sebanyak 27 frets.
   
Frets diletakkan ke rasio matematika yang menghasilkan pembagian marah sama dari oktaf. Rasio jarak dua berturut-turut frets adalah akar kedua belas dari dua. dua belas yang resah membagi panjang skala dalam dua bagian yang tepat dan fret 24 posisi membagi skala panjang setengah lagi. Setiap dua belas frets merupakan salah satu oktaf. Dalam prakteknya, luthiers menentukan posisi fret menggunakan 17,817 konstan, yang berasal dari akar kedua belas dua (17,817 = (1-2-1/12) -1). Panjang skala dibagi dengan nilai ini menghasilkan jarak dari mur yang pertama fret. jarak itu dikurangi dari skala panjang dan hasilnya dibagi dalam dua bagian oleh konstan untuk menghasilkan jarak dari pertama fret ke fret kedua. Posisi untuk sisa frets dihitung dengan cara seperti  realisasi jarak fret tidak menggunakan nilai ini tepat.
  back...                                                                                          Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar