Rabu, 01 Juni 2011

Konstruksi dan Komponen Sebuah Gitar part 2:

Kacang/ Gading gajah
  
Kacang adalah strip kecil tulang, plastik, kuningan, Corian, grafit, stainless steel, atau bahan medium-keras lainnya, pada sendi mana headstock bertemu fretboard. Its alur panduan senar ke fretboard, memberikan penempatan string konsisten lateral. Ini adalah salah satu titik akhir dari panjang string 'bergetar. Itu harus akurat dipotong, atau dapat berkontribusi untuk tuning masalah karena selip string, dan / atau buzz string. Untuk mengurangi gesekan string dalam kacang, yang dapat mempengaruhi stabilitas tuning, beberapa gitaris cocok dengan kacang roller. Beberapa instrumen menggunakan fret nol di depan mur. Dalam hal ini kacang ini digunakan hanya untuk penyelarasan lateral senar, ketinggian string dan panjang yang didikte oleh zero fret.

Inlays
  
Inlays adalah elemen visual set ke permukaan luar gitar. Lokasi khas untuk inlay berada di headstock, fretboard, dan pada gitar akustik sekitar soundhole, yang dikenal sebagai roset tersebut. Inlays berkisar dari titik plastik sederhana di Fretboard rumit untuk karya seni yang mencakup seluruh permukaan luar sebuah gitar (depan dan belakang). Beberapa pemain gitar telah menggunakan LED di fretboard untuk menghasilkan efek pencahayaan yang unik di atas panggung.
Inlays Fretboard yang paling sering berbentuk seperti titik-titik, bentuk berlian, jajaran genjang, atau blok besar di antara frets. Dots biasanya hias ke tepi atas fretboard dalam posisi yang sama, cukup kecil untuk terlihat hanya untuk pemain. Ini biasanya muncul pada bernomor ganjil frets, tetapi juga pada (tandai satu oktaf) fret 12, bukan 11 dan 13 frets. Beberapa high-end yang lebih tua atau instrumen telah Inlays terbuat dari kulit mutiara, kerang, gading, berwarna kayu atau bahan eksotis lainnya dan desain. Simpler Inlays sering dibuat dari plastik atau dicat. gitar klasik High-end jarang memiliki Inlays fretboard sebagai pemain terlatih diharapkan untuk mengetahui bagaimana cara nya sekitar instrumen.
   
Selain fretboard inlay, headstock dan soundhole surround juga sering bertatah. Logo pabrikan atau desain kecil sering hias ke headstock. desain Rosette bervariasi dari lingkaran konsentris sederhana untuk ukiran halus meniru roset bersejarah kecapi. Bindings bahwa ujung jari dan papan suara yang kadang-kadang bertatah. Beberapa instrumen memiliki strip pengisi mengalir panjang dan di belakang leher, yang digunakan untuk kekuatan dan / atau untuk mengisi rongga melalui mana trussrod tersebut telah terpasang di leher.
Inlays rumit adalah fitur dekoratif banyak edisi terbatas, high-end dan gitar custom-made. Guitar produsen sering rilis gitar tersebut untuk merayakan tonggak signifikan atau bersejarah.
 
Leher Gitar
Sebuah gitar frets, fretboard, tuner, headstock, dan batang truss, semua terpasang ke ekstensi kayu panjang, secara kolektif merupakan lehernya. Kayu yang digunakan untuk membuat fretboard biasanya berbeda dari kayu di seluruh Leher Gitar. Tegangan lentur pada leher cukup besar, terutama ketika string gauge berat yang digunakan (lihat Tuning), dan kemampuan leher untuk menahan lentur (lihat batang Truss) adalah penting untuk kemampuan gitar untuk mengadakan lapangan konstan selama tuning atau bila string yang resah. Kekakuan pada leher sehubungan dengan tubuh gitar adalah salah satu penentu dari instrumen yang baik versus satu miskin. Bentuk leher juga dapat bervariasi, dari kurva lembut "C" ke kurva lebih diucapkan "V". Ada berbagai jenis leher profil yang tersedia, gitaris memberikan banyak pilihan. Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam leher gitar mungkin lebar keseluruhan fingerboard, skala (jarak antara frets), kayu leher, jenis konstruksi leher (misalnya, leher mungkin terpaku di dalam atau melesat pada), dan bentuk (profil) dari belakang leher. Lain jenis bahan yang digunakan untuk membuat leher gitar grafit (Steinberger gitar), aluminium (Kramer Guitars, Travis Bean dan gitar Veleno), atau serat karbon (Modulus Guitars dan ThreeGuitars). Double leher gitar listrik memiliki dua leher, yang memungkinkan musisi dengan cepat beralih antara suara gitar.
     back...                                                                                        Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar