Senin, 06 Juni 2011

Konstruksi dan Komponen Sebuah Gitar part 3:

Truss rod
Batang rangka adalah batang logam yang berjalan di sepanjang bagian dalam leher. Hal ini digunakan untuk mengoreksi perubahan kelengkungan leher yang disebabkan oleh leher kayu penuaan, perubahan kelembaban atau untuk mengkompensasi perubahan ketegangan senar. Ketegangan dari perakitan batang dan leher disesuaikan oleh kacang hex atau baut allen-tombol pada batang, biasanya terletak baik di headstock, kadang-kadang di bawah penutup, atau hanya di dalam tubuh gitar di bawah fretboard dan dapat diakses melalui lubang suara. Beberapa batang rangka hanya dapat diakses dengan menghapus leher. Batang truss melawan jumlah besar ketegangan senar tempat di leher, leher membawa kembali ke posisi tegak. Menghidupkan batang truss searah jarum jam ketat itu, menangkal ketegangan senar dan meluruskan leher atau membuat mundur busur. Menghidupkan batang truss mengendur berlawanan arah jarum jam itu, memungkinkan tegangan tali untuk bertindak pada leher dan menciptakan membungkuk ke depan. Mengatur batang truss mempengaruhi intonasi gitar serta ketinggian senar dari fingerboard, yang disebut aksi. Beberapa sistem batang truss, yang disebut "double action" sistem rangka, mengencangkan dua arah, memungkinkan leher yang akan mendorong kedua maju dan mundur (batang truss standar hanya bisa dirilis ke titik di luar yang leher tidak lagi dipadatkan dan ditarik ke belakang) .

Gitar Klasik tidak memerlukan batang truss sebagai string nilon mereka mengerahkan kekuatan tarik yang lebih rendah dengan potensi yang lebih rendah dapat menyebabkan masalah struktural. Namun leher mereka sering diperkuat dengan strip dari kayu keras, seperti strip eboni mengalir di bagian belakang leher cedar. Tidak ada penyesuaian ketegangan pada bentuk penguatan. Oleh sebab itu Gitar Klasik sangat simpel pembuatannya.

Double Leher Gitar
Gitar listrik memiliki dua leher, yang memungkinkan musisi dengan cepat beralih antara suara gitar.

Ini adalah titik di mana Leher Gitar  baik kabur atau terpaku pada tubuh gitar. Hampir semua baja-string akustik gitar, dengan pengecualian utama Taylor, telah menempel (atau dikenal sebagai set) leher, sedangkan gitar listrik yang dibangun menggunakan kedua jenis. gitar klasik Kebanyakan memiliki leher dan headblock diukir dari satu potong kayu, yang dikenal sebagai "tumit Spanyol."

Umumnya digunakan sendi leher mengatur termasuk tanggam dan sendi duri (seperti yang digunakan oleh CF Martin & Co), pas sendi (juga digunakan oleh CF Martin di D-28 dan model semacam itu) dan sendi tumit Spanyol leher, yang dinamai sepatu mereka menyerupai dan umum ditemukan di gitar klasik. Ketiga jenis menawarkan stabilitas. Bolt-on leher, meskipun mereka secara historis terkait dengan instrumen yang lebih murah, jangan menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam gitar set-up, dan mengizinkan akses lebih mudah untuk pemeliharaan dan perbaikan sendi leher.

Tipe lain dari leher, hanya tersedia untuk gitar listrik solid body, adalah leher-melalui konstruksi-tubuh. Ini dirancang sedemikian rupa sehingga segala sesuatu dari mesin kepala ke jembatan terletak di sepotong kayu yang sama. Sisi (juga dikenal sebagai sayap) dari gitar ini kemudian terpaku sepotong pusat. Beberapa luthiers memilih metode konstruksi mereka mengklaim itu memungkinkan lebih baik mempertahankan catatan masing-masing. Beberapa instrumen mungkin tidak memiliki sendi leher sama sekali, memiliki leher dan sisi dibangun sebagai satu bagian dan tubuh dibangun di sekitar itu.

back...                                                                                           Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar