Kamis, 30 Juni 2011

Mengenal Tangga Nada Mayor

 Tangga Nada Mayor / Major Scale

Untuk Tangga Nada mayor dengan tanda perkuncian flat atao moll,strukturnya dibentuk dengan sebuah aturan yang dikenal sebagai The Rule of Fourth.Misalkan kita bertolak dari tangga nada C mayor yang adalah natural atau tanpa tanda perkuncian
C D E F G A B C
Nada ke 4 dari susunan tangga nada C mayor adalah nada F.Dengan memakai nada F sebagai nada awal,kita akan mendapati sebuah deretan nada sebagai berikut :
F G A B C D E F
Tentu saja deretan nada yang dimulai dari F tersebut belumlah memenuhi pola jarak Tangga Nada mayor yang berupa 1 1 1/2 1 1 1 ½.Untuk memenuhi pola jarak tersebut maka nada ke 4 yakni B kita turunkan larasnya sebesar ½ laras.Dan kita menggunakan tanda perkuncian flat atau moll.Itulah The Rule Of Fourth.Start with fourth and down the forth.Dari acuan tersebut kita mendapati urutan tangga nada mayor dengan tanda perkuncian flat,sebagai berikut : F Bb Eb Ab Db Gb Cb
Kita mengenal tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Itu merupakan tangga nada Mayor atau istilah internasionalnya major scale. Mari kita lihat dulu tangga nada C mayor, karena paling mudah dimengerti dengan tuts piano putih semua. ini gambarnya.

Kita bisa melihat tidak ada tuts hitam yang ditekan. Lalu perhatikan di bagian bawah ada 1 dan 1/2, itu adalah jarak langkah antar not, misalnya jarak C ke D adalah 1 langkah, dan jarak E ke F adalah 1/2 langkah.
Rumus 1-1-1/2-1-1-1-1/2 adalah rumus pasti tangga nada mayor. Sehingga untuk membuat tangga nada D Mayor, kita juga menggunakan rumus jarak terseut, berikut contohnya.

Nah kali ini tangga nada mayor ada nada yang menggunakan accdientals, itu dikarenakan untuk mengikuti rumus 1-1-1/2-1-1-1-1/2, mau tidak mau ada nada yang dirubah. Perhatikan, jarak nada E dan F adalah 1/2, jadi supaya jaraknya menjadi 1 langkah F harus dinaikkan setengah, jadi F#. Begitu pula dengan jarak B ke C adalah 1/2, sehingga pada tangga nada D ini untuk mengikuti rumus, C harus dinaikkan setengah menjadi C#.
Berikut contoh tangga nada lainnya, yaitu F Mayor.

Cobalah memainkan masing-masing tangga nada pada instrumen anda.
Untuk melihat berapa jumlah accidental pada tangga nada A, F#.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar