Selasa, 10 Mei 2011

Tips Merawat Gitar Akustik Yang Benar

Biar Tetep Awet Gitar Akustiknya, nih mw bagi2 Tips Gimana Caranya??
 
Merawat gitar itu memang susah-susah gampang.
Susah, karena gitar sensitif banget, terutama gitar akustik. Debu sedikit saja sudah berpengaruh banyak terhadap perubahan karakter sound/suara yang dihasilkan. Karena suara yang di hasilkan bagus ato tidaknya itu selain dari senarnya juga dari kayunya juga.
Gampang karena sebenarnya dengan beberapa cara sederhana, gitar bisa terawat dengan baik.
Tips-tips berikut itu saya dapet dari pengalaman saya, dan sharing temen-temen yang suka main gitar. Nah tips berikut, sebenarnya gampang untuk dilakukan. Intinya asal jangan males aja.

Nah, untuk Merawat Gitar akustik supaya tetep awet, dan suaranya tetep oke dan ga' fals, ga mendem suaranya, coba deh dibaca dengan benar ( kaya guru aj y ngomongnya,,,hihihi)
Merawat gitar akustik :

>Bersihkan Senar
Bersihin senar secara rutin, paling engga seminggu sekali. Kalo perlu pake cairan khusus pembersih senar/string cleaner, ada koq di toko yang jual. Intinya sih supaya senar ga cepet karat aja, dan menjaga karakter suaranya.

>Kendorin Senar
kalo gitarnya mau di"istirahatin" dalam waktu lama, disaranin senarnya dikendorin. Ini menjaga supaya neck gitar ga melengkung akibat kekencengan senar. Tapi klo ditinggal kurang dari seminggu gapapa g usah di kendorin senarnya

>Letakkan Gitar Dengan Benar
Posi terbaik adalah ditelentangkan, dengan posisi senar bebas tidak menyentuh permukaan apapun.slain itu juga bisa di gantung, jadi posisi neck gitar berada diatas.

>Bersihin Gitar
Selain Senar, body, fretboard, dan bagian lainnya juga wajib bersih, kalo bisa mengkilap malah mantap he..tujuannya biar enak dilihat, juga menjaga kualitas gitar akustiknya. Biasanya klo  gitar bersih, kita juga semangat buat maeninnya..bener ga?benerkan,

>Ganti Senar
Ganti senar kalo udah karat, jangan tunggu putus atau jelek. Karena pasti pengaruh ke suaranya, neck juga gampang melengkung soalnya pengaruh dari senar yg makin karat,trus tekanan senarnya makin kenceng juga..

>Ganti Satu Set
Usahakan kalo ganti senar jangan satu-satu, meskipun yang putus satu. Fungsinya, supaya karakter suara tiap senar seragam. Tapi klo emang dananya belum ad, ya usahakan senar yang di beli sama tipenya dengan senar yg masih terpasang di gitarnya.

>Jangan Dibanting
Sayangilah gitar kita(iialah satu-satunya gtu..he..)
kalo mau ditaro, cobadeh dengan penuh kasih saying, ati2 juga biar g retak bodynya, soalnya bodynya itu sangat tipis bahan kayunya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar